Rumah Wage Rudolf Supratman

No. Regnas CB CB.1490
SK Penetapan
No SK : 188.45/251/402.1.04/1996
Tanggal SK : 26 September 1996
Tingkat SK : Walikota
No SK : 370/M/2017
Tanggal SK : 29 Desember 2017
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya Nasional
Jenis Cagar Budaya Bangunan
Nama Cagar Budaya Rumah Wage Rudolf Supratman
Keberadaan Provinsi : Jawa Timur
Kabupaten / Kota : Kota Surabaya

Rumah ini sebenarnya tempat tinggal kakak Soepratman yang bernama Rukiyem Supratijah. Rumah ini tempat persembunyian Supratman dari kejaran Pemerintah Hindia Belanda. Beliau tinggal di rumah ini sejak tahun 1936. Akibat menciptakan lagu Kebangsaan Indonesia Raya WR. Soepratman menjadi buronan pihak pemerintah Hindia Belanda.
Dari Batavia Supratman mula-mula memilih melarikan diri ke Cimahi, namun di Cimahi persembunyiannya di ketahui, kemudian menyingkir ke Pemalang. Belum begitu lama beliau lari menuju ke Surabaya. Di Kota Surabaya inilah akhirnya WR. Suprataman tertangkap dan di jebloskan ke Penjara Kalisosok.
Di dalam penjara Beliau mengalami penyiksaan sampai meninggal 17 hari kemudian. Beliau kemudian dibawa kembali ke rumah kakaknya. Dikisahkan hanya segelintir orang yang mengantar jenasah WR. Supratman dari rumah persemayamannya menuju ke pemakaman di kuburan rangkah.

- Telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya pada tahun 1996.
- Kegiatan pendataan dan pengkajian oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya dengan BPCB Jawa Timur untuk pelengkapan data, 30 September – 7 Oktober 2016.

Bangunan rumah wafat WR. Supratman menghadap ke arah timur. Bentuk rumah begitu sederhana dengan ukuran 8,70 x 6 meter, Fasad depan bangunan ini terlihat sebuah pintu dengan jendela di kanan-kirinya. Pintu berukuran lebar 117 cm, tinggi 210 cm. Adapun jendela berukuran lebar 67, tinggi 116 cm. Pintu dan jendela dicat warna krem. Empat lubang angin-angin di atas pintu dan jendela. Atap bangunan menjulang tinggi. Tutup kerangka atap di depan dan belakang dari susunan 10 papan kayu, yang dihubungkan dengan papan vertikal melebar di atas, di cat warna krem. Atap rumah dari bahan genteng.
Dalam Rumah ini hanya terdapat dua kamar tidur di sisi kanan dan ruang tamu di sisi kiri, berlantai tegel warna abu-abu, ukuran 20 cm x 20 cm.. Saat ini, ruang tamu yang berukuran 3 m x 2,60 m terpampang foto-foto WR. Supratman dengan keluarga dan teman dekat, kelompok musik jaz Black and White pimpinan WR Supratman, potongan bait dan not lagu Indonesia Raya, dan lainnya. Kedua ruang tidur tanpa daun pintu, saat ini juga dipampang foto WR Supratman, piagam penghargaan, genealogi WR. Supratman, replika biola.dan lainnya. Plavon ruang tamu dan ruang tidur di beri lampu-lampu sorot untuk spot-spot cahaya pada gambar.
Di belakang ruang tamu berupa lorong yang menghubungkan kamar tidur dengan toilet. Toilet menghadap ke belakang, di sebelah baratnya adalah teras dan ruang yang saat ini untuk menyimpan radio. Halaman belakang berukuran 4,5 m x 4 m, berpaving berada di belakang belakang kamar tidur.