Candi Gentong I dan II

No. Regnas CB CB.511
SK Penetapan
No SK : 177/M/1998
Tanggal SK : 21 Juli 1998
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya -
Jenis Cagar Budaya Situs
Nama Cagar Budaya Candi Gentong I dan II
Keberadaan Provinsi : Jawa Timur
Kabupaten / Kota : Kabupaten Mojokerto

Dalam tulisan Verbeek tahun 1889, Candi Gentong II masih tampak terlihat bangunannya, namun pada tahun 1907, dalam tulisan Kneebel Candi Gentong sudah tidaktampak lagi hanya gundukan tanah saja. Secara keseluruhan masih sulit untuk ditentukan bagaimana bentuk bangunan Candi Gentong sesungguhnya meskipun sudah digali dan ditampakan. Benda-benda lain yang ditemukan ketika panggalian dilakukan antara lain ditemukan: keramik cina dan gerabah dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu juga ditemukan fragmen-fragmen stupika, vas bunga, arca Budha, jambangan dan fragmen pipisan. Hal yang menarik dari temuan ini adalah fragmen jambangan dengan tulisan Jawa kuna sebanyak sembilan huruf yang berbunyi raja putra niratana. Dengan ditemukannya arca Budha maka latar keagamaan Candi Gentong adalah Budha.

Candi Gentong I merupakan tinggalan sejarah yang berupa struktur bata, berada pada luas lahan 1343 m². Bangunan ini hanya tersisa pada bagian dasar yang dulunya tertimbun tanah dan pada tahun anggaran 1995/1996 dikupas umtuk ditampakan secara keseluruhan. Dari hasil pengupasan ini tampak berbentuk segi empat yang terbagi dalam tiga bagian masing=masing berukuran yaitu :
a. Dinding bagian dalam 9,25 m x 9,25 m
b. Dinding bagian tengah 13,30 m x 13,30 m
c. Dinding bagian luar 23,25 m x 23,25 m
Dari indikasi reruntuhan pada bagian barat menunjukan adanya sisa penampil yang mengarah ke barat sehingga menunjukan bahwa orentasi bangunan tersebut menhadap ke barat. Sedangkan latar belakang keagamaan dari bangunan ini adalah Budha, hal ini di dukung dengan adanya temuan stupika-stupika pada waktu pengupasan.

Peta Tidak Tersedia