Istana Siak Sri Indrapura

No. Regnas CB CB.442
SK Penetapan
No SK : KM.13/PW.007/MKP/2004
Tanggal SK : 3 Maret 2004
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya -
Jenis Cagar Budaya Bangunan
Nama Cagar Budaya Istana Siak Sri Indrapura
Keberadaan Provinsi : Riau
Kabupaten / Kota : Kabupaten Siak

Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayyah Hasyimiah ini dibangun tahun 1889 M pada masa pemerintahan Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin yang memerintah pada tahun 1889-1908 M. Sedangkan arsitek dari istana ini adalah seorang arsitek Jerman yang bernama Vande Morte. Istana ini merupakan tempat kediaman/istana raja-raja Siak Sri Indrapura.

Bangunan Istana Siak Sri Indrapura ini berdenah segi empat silang dan terdiri dari dua lantai. Arsitektur bangunan berupa gabungan antara arsitektur Melayu, Arab, dan Eropa.

Pada setiap sudut bangunan terdapat pilar berbentuk bulat dan pada ujung puncaknya terdapat hiasan burung garuda. Pintu dan jendela berbentuk kubah dengan hiasan mozaik kaca.

Lantai bawah terdiri dari enam ruangan yang berfungsi untuk menerima tamu dan ruang sidang. Sedangkan lantai atas terdiri dari sembilan ruangan yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan Sultan dan para tamu kerajaan. Istana ini sekarang berfungsi sebagai museum tempat untuk menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Siak.