Petirtaan Jolotundo

No. Regnas CB CB.688
SK Penetapan
No SK : PM.56/PW.007/MKP/2010
Tanggal SK : 22 Juni 2010
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya -
Jenis Cagar Budaya Situs
Nama Cagar Budaya Petirtaan Jolotundo
Keberadaan Provinsi : Jawa Timur
Kabupaten / Kota : Kabupaten Mojokerto

Di dalam Petirtaan Jolotundo terdapat sejumlah relief dan angka tahun 899 C (977 M) dan nama Udayana. Atas dasar data ini ada pendapat bahwa nama tadi adalah nama Raja Udayana dari Bali yang beristrikan Gunapriyadharmapatni, Ibunda Airlangga. Terdapat pahatan lain yang berbunyi
Mragayawati. Bosch berpendapat bahwa nama tersebut harus dihubungkan dengan beberapa relief cerita yang terdapat di Petirtaan Jolotundo, yaitu kisah raja Sahasranika dan Mregawati. Dalam cerita ini Ratu Mregawati dibawa terbang oleh seekor burung garuda dan ditaruh di Gunung Matahari Terbit (Udaya). Putranya yang lahir di atas gunung itu diberi nama Udayana, dia tidak lain adalah pendawa terakhir.
Petirtaan Jolotundo merupakan sebuah pemandian suci. Dapat dilihat adanya sebuah kolam air berbentuk persegi yang airnya terjun dari batu karang di atasnya. Di dasar kolam ditemukan sebuah peti berceruk sembilan (peripih nawasanga). Di atas batu karang paling tinggi pernah ditemukan pahatan berbentuk gunung Penanggungan, yaitu sebuah puncak dikelilingi empat puncak lain.

Luas Bangunan : 225 m2