Makam Raja Blongkod

No. Regnas CB CB.944
SK Penetapan
No SK : PM.10/PW.007/MKP/2010
Tanggal SK : 8 Januari 2010
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya -
Jenis Cagar Budaya Struktur
Nama Cagar Budaya Makam Raja Blongkod
Keberadaan Provinsi : Gorontalo
Kabupaten / Kota : Kabupaten Bone Bolango

Tidak banyak sumber tekstual yang meriwayatkan tentang makam ini. Yang kita tahu dari beberapa catatan lepas dari keluarganya disebutkan bahwa tokoh yang dimakamkan di sini adalah seorang raja yang pernah memerintah di Kerajaan Ilato pada sekitar abad ke-17. Ia kawin dengan Boki Bimbing dan melahirkan seorang putra yang bernama Manu. Manu kemudian kawin dengan Putra Mahkota sebuah kerajaan tetangga, Hatibe.
Dari perkawinan ini lahir seorang putra bernama Gobalo atau Gobel yang merupakan cikal bakal kemunculan keluarga Gobel di Gorontalo.

Badan makam dibentuk dari susunan batu kerikil dengan denah persegi empat dengan bahan perekat dari kapur. Kuncup makam ditinggikan sehingga menyerupai bentuk atap rumah panggung.
Makam berukuran : lebar 4,5m, panjang 5m. Pada sisi barat terdapat makam istrinya, Boki Bimbing. Bentuknya segi empat, pada setiap ujung dari keempat sisinya mengerucut, mirip buritan sebuah perahu. Makam tidak ditinggikan dan tidak diberi nisan sehingga posisinya lebih rendah dari makam sang raja. Jirat nya dibuat memanjang (220cm) dan melengkung dengan lebar 110cm, tinggi 50cm. Pada bagian utara jirat makam terdapat lubang yang biasa digunakan oleh peziarah untuk menaruh sesajian.

Peta Tidak Tersedia