Arca Buddha Dipangkara Koleksi Museum Nasional No. Inv. 6057

No. Regnas CB CB.1523
SK Penetapan
No SK : 170/M/2018
Tanggal SK : 9 Juli 2018
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya Nasional
Jenis Cagar Budaya Benda
Nama Cagar Budaya Arca Buddha Dipangkara Koleksi Museum Nasional No. Inv. 6057
Keberadaan Provinsi : Dki Jakarta
Kabupaten / Kota : Kota Adm. Jakarta Pusat

Menurut Bernert Kempers, Arca Buddha Dipangkara ditemukan pada tahun 1921 di Desa Sempaga, sebelah utara Kota Mamuju, pesisir Provinsi Sulawesi Barat.
Arca ini dibawa ke Jakarta, disimpan di Museum Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, kini bernama Museum Nasional.

Arca Buddha Dipangkara merupakan arca Buddha tertua di Indonesia, terbuat dari perunggu. Arca ini disebut Buddha Dipangkara, karena dianggap sebagai pelindung para pelaut penganut Buddha (Jan Fontein, R. Soekmono, Satyawati Suleiman, 1972: 149 gambar no. 22).
Arca ini dibuat dengan teknik à cire perdue, yaitu teknik tuang logam yang menggunakan model dari lilin dilapis dengan tanah liat.
Arca Buddha Dipangkara koleksi Museum Nasional Jakarta bernomor Inventaris 6057 sejak ditemukan dalam kondisi rusak pada bagian telinga kiri dan hidung.
Kedua kaki arca hilang sebatas paha, kedua lengan kanan dan kiri patah hingga pergelangan tangan karena terbakar saat pameran di Paris tahun 1931. Ikatan rambut (u??isa) di atas kepala sudah hilang, dan sikap tangan (hasta-mudra) kemungkinan besar abhaya-mudra.
Arca ini merupakan arca Buddha perunggu berdiri terbesar yang ditemukan di Indonesia (Fontein, Soekmono, Suleiman, 1972: 149 gambar no.22).
Arca ini menggunakan jubah dengan banyak lipatan menutupi bahu kirinya, bahu kanannya terbuka, dan mata arca digambarkan setengah terbuka, memperlihatkan ciri gaya seni arca Amarawati, India Selatan dari abad II sampai V.
Berikut ini rincian ukuran arca tersebut:
Tinggi arca keseluruhan : 58 cm
Panjang Tinggi wajah : 13,5 cm
Lebar wajah : 13 cm
Lebar bibir : 4 cm
Tebal bibir : 2,5 cm
Lebar Mata : 3 cm
Tebal Mata : 1 cm
Panjang telinga : 7 cm
Lebar telinga : 4 cm
Panjang leher : 2 cm
Lebar leher : 9 cm
Lebar bahu : 36 cm
Panjang lengan kanan : 23,5 cm
Panjang tangan kanan : 16,5 cm
Panjang lengan kiri : 20 cm
Panjang tangan kiri : 18 cm
Lebar pinggang : 17 cm
Lebar pinggul : 25 cm
Jarak pundak ke kain : 15,5 cm
Jarak siku ke pinggang : 6 cm

Peta Tidak Tersedia