Mahkota Sultan Banten Koleksi Museum Nasional No. Inv. E 619

No. Regnas CB CB.1527
SK Penetapan
No SK : 170/M/2018
Tanggal SK : 9 Juli 2018
Tingkat SK : Menteri
Peringkat Cagar Budaya Nasional
Jenis Cagar Budaya Benda
Nama Cagar Budaya Mahkota Sultan Banten Koleksi Museum Nasional No. Inv. E 619
Keberadaan Provinsi : Dki Jakarta
Kabupaten / Kota : Kota Adm. Jakarta Pusat

Mahkota Sultan Banten Koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini berasal dari Kesultanan Banten, Jawa Barat (1526-1832 Masehi). Kesultanan Banten merupakan kesultanan penting dalam pengembangan dan penyebaran Islam di Nusantara serta menjadi gerbang ke Jawa dan Sumatra (Ambary, 1996: 50-52).
Mahkota ini merupakan regalia (pusaka) Kesultanan Banten yang menggambarkan kebudayaan Islam Nusantara. Hal ini dapat dilihat pada ragam hias bermotif flora. Setelah Kesultanan Banten runtuh (1832), mahkota ini diambil alih oleh Belanda dan disimpan di Bataviaasch Genootschap (kini Museum Nasional).

Mahkota Kesultanan Banten koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini terbuat dari emas 24 karat, perak, dan bertatahkan 116 batu mulia.
Bagian I (Mahkota Bagian Luar)
Mahkota Kesultanan Banten koleksi Museum Nasional Nomor Inventaris E 619 ini terbuat dari emas 24 karat dan bertatahkan 116 batu mulia. Mahkota ini berbentuk kubah dengan puncak menyerupai kuncup bunga.
Mahkota ini memiliki bagian dasar yang berbentuk lingkaran. Bagian tubuh mahkota terdiri dari delapan panel yang tersusun dari delapan rangka vertikal. Di dalam panel berongga (krawangan) tersebut terdapat ragam hias motif sulur-suluran yang bertatahkan batu mulia. Bagian badan mahkota dihiasi 34 batu merah.
Bagian puncak berbentuk seperti kerucut dengan dasar nya yang berbentuk bintang segi enam. Pada bagian puncaknya bertatahkan mutiara berwarna putih dan batu permata hijau. Selain itu, mahkota ini juga dihiasi dengan hiasan batuan yang berteknik enamel.
Pada bagian dasar puncak mahkota diatas dasar berbentuk segienam terdapat hiasan berteknik enamel berbentuk kelopak bunga dengan empat kelopak disekelilingnya. Hiasan ini berselang-seling berwarna merah dan hijau yang ditengahnya terdapat satu batu mutiara berwarna putih. Sehingga, jumlah hiasan berteknik enamel ini masing-masing 32 hiasan warna hijau dan 32 hiasan berwarna merah. Mutiara yang menjadi bagian tengah hiasan ini terdapat 16 mutiara.
Diatas hiasan kelopak bunga ini terdapat hiasan daun berteknik enamel yang bentuknya cukup besar berjumlah enam daun. Hiasan daun ini berselang-seling berwarna kuning dan hijau dan dikelilingi hiasan bulat kecil berwarna putih. Hiasan daun ini memiliki tiga daun berwarna hijau dan tiga daun lainnya berwarna kuning. Namun, warna kuning ini sudah pudar dan hanya terlihat sisa-sisa warnanya. Sedangkan, hiasan putih yang mengelilingi daun berjumlah 47.
Diatas hiasan ini terdapat hiasan lain yang berbentuk segitiga berwarna putih mengelilingi kemuncak berjumlah delapan hiasan. Diatas hiasan putih ini terdapat lagi hiasan berteknik enamel berwarna hijau, merah, dan putih. Berjumlah masing-masing 32 hiasan berwarna merah, 32 hiasan berwarna hijau, dan delapan hiasan berwarna putih.
Dibagian paling atas mahkota atau puncak mahkota ini terdapat satu batu mulia berupa permata berwarna hijau. Kemuncak ini dikelilingi berbagai macam hiasan berteknik enamel yang berwarna hijau, merah, putih, biru,
Di bagian dalam mahkota terdapat lapisan logam dengan baut pengencang untuk mengencangkan puncak mahkota dengan badan mahkota. Terbuat dari logam berbentuk bunga berkelopak empat. Selain itu, dibagian dalam bawah mahkota terdapat pengait-pengait untuk mengaitkan penutup kepala.
Bagian II (Mahkota Bagian Dalam)
Mahkota bagian dalam ini terbuat dari emas kuarsa yang dibentuk tipis seperti kawat. Emas ini berwarna agak kemerahan. Bagian mahkota berupa emas tipis seperti kawat ini dibentuk berhias sulur-suluran. Bagian ini diletakkan pada bagian luar penutup kepala perak.
Bagian III (Penutup kepala)
Mahkota ini memiliki bagian dalam berupa penutup kepala yang terbuat dari logam perak. Bagian puncak penutup kepala ini terdapat lubang. Lubang ini fungsinya untuk mengaitkannya dengan mahkota bagian luar.

Peta Tidak Tersedia