Benda Cagar Budaya Gerbong Air dan Barang

No. Regnas CB CB.1795
SK Penetapan
No SK : 188.45/327/WAKO-SWL/2017
Tanggal SK : 13 Oktober 2017
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Benda
Nama Cagar Budaya Benda Cagar Budaya Gerbong Air dan Barang
Keberadaan Provinsi : Sumatera Barat
Kabupaten / Kota : Kota Sawahlunto

Gerbong adalah wagon kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang. Gerbong pada Museum Kereta Api Kota Sawahlunto dengan nomor K 328 ini merupakan gerbong untuk mengangkut bahan cair dan barang. Pada rodanya masih memakai sistem penomoran berasal dari sistem penomoran Belanda yang digunakan oleh perusahaaan kereta api di Hindia-Belanda seperti Staatsspoorwegen (SS) 1921

Gerbong barang ini berbentuk empat persegi panjang dan gerbong memiliki tutup dari bahan plat seng tebal. Dinding gerbong terbuat dari papan. Pada bagian sisi kanan gerbong terdapat satu buah pintu rel atau pintu sorong. Gerbong ini memiliki 4 buah roda penggerak pada bagian tutup masing-masing as roda terdapat label pabrik. Dibagian as depan sebelah kanan tertera tulisan SSS 1912, kiri SSS 1920, belakang kanan SSS 1903 dan belakang kiri SSS 1902. Roda ini memiliki jari-jari 8.
Gerbong ini berbentuk tangki air. Pada bagian atas tangki terdapat 3 buah pipa tinggi 50 CM yang berfungsi sebagai corong tempat pengisian air kedalam tangki. Pipa bagian depan dan belakang ditutup rapat sedangkan pipa pada bagian tengah tutupnya sudah tidak ada lagi. Pada pipa tengah ini terdapat tuas stop kran yang terhubung ke dasar tangki. Gerbong ini memiliki 4 buah roda penggerak pada bagian tutup masing-masing as roda terdapat label pabrik. Dibagian as belakang kiri dan kanan terdapat label DKA-A. Sedangkan pada bagian as kiri depan tertera tulisan timbul SSS 1921 dan bagian depan sebelah kanan tertera tulisan SSS 1920. Pada sisi kiri dan kanan gerbong terdapat tangga menuju atas gerbong untuk mengontrol air yang ada di dalam tangki.
Gerbong barang II ini berbentuk empat persegi panjang dan gerbong memiliki tutup dari bahan plat seng tebal. Dinding gerbong terbuat dari papan setinggi 40 CM. Lantai gerbong terbuat dari papan yang diapit oleh besi strip lebar 5 CM. Pada bagian sisi kanan gerbong terdapat satu buah pintu engsel. Gerbong ini memiliki 4 buah roda penggerak pada bagian tutup masing-masing as roda terdapat label pabrik. Dibagian as depan sebelah kanan tertera tulisan SSS 1924, kiri SSS 1915, belakang kanan SSS 1938 dan belakang kiri SSS 1920. Roda ini memiliki jari-jari 8.

Peta Tidak Tersedia