Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga

No. Regnas CB CB.1549
SK Penetapan
No SK : 432/226 tahun 2018
Tanggal SK : 7 Juni 2018
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Bangunan
Nama Cagar Budaya Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga
Keberadaan Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten / Kota : Kabupaten Purbalingga

Sejarah Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga berkaitan dengan fungsi di zaman kolonial Hindia Belanda, yakni sebagai kawedanan. Sebuah kegiatan pemerintahan di tingkat distrik (gabungan beberapa kecamatan) namun dibawah kabupaten yang berlaku pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda hingga beberapa tahun setelah Indonesia merdeka.

Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga terletak di Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Rumah Dinas Bupati Purbalingga terletak di pusat kota Purbalingga, dengan titik kordinat 49 M 0319859 9182849. Orientasi bangunan menghadap ke selatan.

Bangunan Rumah Dinas Wakil Bupati pada bagian depan terdapat pendopo yang dinamai dengan Pendopo Cahyana yang sudah baru. Bagian lantai mulai dari pendopo hingga rumah dinas memiliki ketinggian ±1 meter. Atap berbentuk limasan dengan penutup genting menyambung langsung dengan rumah dinas.

Pada fasad selatan rumah dinas terdapat 2 jendela tinggi dengan penutup krepyak kayu. Rumah dinas juga memiliki ruang perjamuan depan atau ruang pringgitan yang ditutupi gebyog kayu berukir sebagai pembatas antara pendopo dengan ruang tersebut. Ruang pringgitan yang juga sebagai beranda depan ini memiliki 3 pintu kayu sebagai akses ke tiga ruangan lain. Pintu bagian tengah (menghadap ke selatan) menuju ruang tamu VIP, pintu sebelah kiri (menghadap ke barat) menuju ruang kerja wakil bupati dan pintu sebelah kanan (menghadap ke timur) menuju ruang transit tamu.

Pada ruang tengah digunakan sebagai ruang tamui VIP ini dikelilingi ruangan ruangan pribadi sebanyak 3 pintu. Diantaranya 1 pintu bagian kanan menuju akses kamar anak dari wakil bupati. Kemudian 1 pintu di sebelah kiri menuju kamar tamu VIP, dan 1 pintu lagi merupakan kamar pribadi wakil bupati.

Masih di sekeliling ruang tamu VIP ini juga terdapat 2 ruang tak berpintu diantaranya 1 ruang makan wakil bupati dan 1 ruang ibadah. Panjang ruang tamu VIP ini berakhir hingga pintu paling belakang rumah. Pintu tersebut merupakan akses menuju beranda belakang. Pada sisi-sisi luar rumah terdapat jendela-jendela krepyak kayu.

Pendopo digunakan sebagai aula pertemuan. Bentuk pendopo diperkirakan sudah bukan dalam kondisi asli. Pilar-pilar yang ada telah diganti pilar beton bagian bawah dilapisi kayu bermotif belah ketupat.

Atap pendopo menyambung dengan rumah dinas, hal ini diperkirakan merupakan tatanan baru yang tidak sesuai dengan kondisi asli/awal. Sebab posisi jendela menjadi tidak berfungsi semestinya, yakni yang seharusnya sebagai akses ke alam luar (outdoor) menjadi akses menghadap pendopo (indoor). Hingga kini kedua jendela depan tidak lagi difungsikan.

Kondisi dinding mengalami pelapukan, sehingga pihak pengelola yakni Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga menutup dinding dengan lapisan kalsi-board kemudian dilapisi lagi dengan wallpaper agar lebih estetis. Kondisi dan bentuk pintu masih dalam bentuk asli, hanya terjadi perubahan pada bentuk grendel yang telah diganti/dilepas. Seluruh lantai telah diganti keramik warna putih.