Gardu Belanda Desa Siwarak

No. Regnas CB CB.1575
SK Penetapan
No SK : 432/226 tahun 2018
Tanggal SK : 7 Juni 2018
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Bangunan
Nama Cagar Budaya Gardu Belanda Desa Siwarak
Keberadaan Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten / Kota : Kabupaten Purbalingga

Berdasarkan angka tahun yang sempat ditemukan, bangunan ini dibangun pada tahun 1838. Gardu ini bukanlah satu-satunya, sebelumnya terdapat 4 gardu yang sama. Diantaranya berada di Dusun Siaren Desa Karangreja, Siwarak, Tlahab Lor dan Bobotsari. Namun saat ini yang tersisa tinggal 2 unit saja, yakni gardu di Desa Siwarak dan Tlahab Lor.

Bangunan berbentuk seperti rumah dengan ukuran lebih kecil. Seluruh komponen bangunan terbuat dari beton. Orientasi bangunan menghadap ke utara. Pintu berbentuk legkung busur di bagian atasnya. Tidak terdapat daun pintu. Demikian jendela memiliki bentuk lengkung busur pada bagian atasnya dan tanpa daun jendela. Di dalam bangunan terdapat dua besi yang melintang diperkirakan pada masanya berfungsi sebagai penggantung timbangan untuk pengecekan hasil perkebunan.

Atap berjenis model pelana. Terdapat gevel (gebel) merupakan hiasan berbentuk segitiga yang mengikuti bentuk atap.

Kondisi sebagian berlumut terutama bagian atas. Bagian atap banyak ditumbuhi rumput liar. Kodisi dinding didapati informasi sudah mengalami berulang kali plester semen. Sebelumnya pada salah satu bagian dinding terdapat tulisan timbul berupa angka tahun 1838, namun sudah pudar.