Batu Lumpang Desa Serayukaranganyar

No. Regnas CB CB.1929
SK Penetapan
No SK : 432/266 tahun 2018
Tanggal SK : 7 Juni 2018
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Benda
Nama Cagar Budaya Batu Lumpang Desa Serayukaranganyar
Keberadaan Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten / Kota : Kabupaten Purbalingga

Batu Lumpang Desa Serayukaranganyar masih in-situ atau tidak sempat dipindah, atau berada pada posisi asli. Mencermati ciri-ciri yang ada pada batu lumpang dan lingkungannya, diperkirakan secara arkeologis memiliki fungsi sakral. Mengingat terdapat pagar batu yang melingkupi diduga merupakan batas zona sakral.
Mengenai teknis pembuatan batu diperkirakan telah melewati proses penggosokan/penghalusan permukaan mengingat bentuknya yang cukup rapi. Sehingga diperkirakan batu ini dibuat dan digunakan pada periode prasejarah khususnya zaman tradisi neolithikum atau yang lebih muda (klasik).

Sebuah batu lumpang berbentuk asimetris dan cenderung oval rebah dengan sisi yang cenderung halus. Di tengahnya terdapat satu cekungan yang rapi dengan bentuk oval pula dan menyisakan bibir lumpang.

Posisi batu lumpang cenderung masih in-situ atau berada pada posisi asli. Secara topografis letak batu lumping berada pada bibir tebing rendah, atau berada di posisi ± 2,5 meter lebih tinggi dari pada tanah bagian barat dan utara. Benda ini berada pada wilayah kelerengan 15-25% (terjal), bermorfologi perbukitan gelombang dan batuan quarter muda.

Secara arkeologis posisi lumpang terdiri dikelilingi semacam pagar batu yang disusun seluas kira-kira 4 x 5 meter dengan tinggi pagar batu ± 50 cm. Pagar batu tersebut berupa tumpukan batu-batu ukuran sedang yang ditata. Terdapat beberapa celah sebagai semacam pintu masuk.

Di dalam pagar batu tersebut juga terdapat tatanan batu lagi yang lebih rendah yang membentuk persegi panjang dengan formasi lebih rapat dan terdapat batu-batu asimetris dengan bidang datar, menyerupai altar. Batu lumpang terletak di tengah dan sedikit ke timur dari struktur ini.

Peta Tidak Tersedia