Masjid Wali

No. Regnas CB CB.1932
SK Penetapan
No SK : 430/1244
Tanggal SK : 20 April 2020
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Bangunan
Nama Cagar Budaya Masjid Wali
Keberadaan Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten / Kota : Kabupaten Pati

Sejak penyebaran agama Islam oleh Walisongo hampir merata hingga ke pelosok desa di Pulau Jawa. Seperti yang terlihat pada sebuah masjid di Desa Prawoto, Sukolilo, Pati. Menurut cerita salah satu pengurus, masjid ini merupakan peninggalan murid Sunan Kudus, yaitu Raden Bagus Hadi Mukmin / Sunan Prawoto. Masjid ini berbentuk banguan khas jawa yaitu joglo. Bangunan asli bangunan masjid, yang terlihat masih kokoh, sedangkan halaman depan serta serambi masjid merupakan bangunan baru. Bagian depan masjid terdapat pintu dari kayu jati yang masih utuh dan terawatt hingga sekarang, begitu pun dengan sepasang jendela yang terletak di bagian depan dan samping sebelah mighrab. Bagian dalam masjid terdapat empat pilar sebagai penyangga bangunan dari kayu jati. Begitu juga kayu penyangga atap maupun dengan mimbar masjid yang masih penggunakan kayu jati yang masih terawatt sampai sekarang.

Menurut legenda yang beredar di tengah-tengah masyarakat, sebelum berdiri kerajaan Islam di Demak, masjid ini menjadi tempat bermusyawarah para wali. Karena jasanya menyebarkan agama Islam,nama Sunan Prawoto diabadikan menjadi nama sebuah desa setempat.

sejumlah benda yang berada di dalam masjid masih utuh seperti aslinya. Beberapa bagian masjid yang masih asli, yakni kayu jati yang utuh di bagian atap masjid. Adapula pintu- pintu dari jati yang juga tidak ikut rusak. Keunikan dari masjid ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah sawah jauh dari perkampungan penduduk. Pada hari jumat masjid ini digunakan masyarakat yang sedang bekerja kesawah maupun yang tinggal di desa terdekat untuk melaksanakan shalat Jum’at.