Makam Syekh Barau Silungkang

No. Regnas CB CB.1782
SK Penetapan
No SK : 84 Tahun 2007
Tanggal SK : 30 Maret 2007
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Situs
Nama Cagar Budaya Makam Syekh Barau Silungkang
Keberadaan Provinsi : Sumatera Barat
Kabupaten / Kota : Kota Sawahlunto

Syekh Barau bernama asli SYECH MOHAMAD SALEH BIN ABDULLAH, beliau diyakini mempelopori dan memimpin berdirinya suarau Godang dan Mesjid Silungkang. Sebagai seorang ulama besar, ia punya murid dan pengikut yang banyak. Syekh Barau mempelajari seluk-beluk agama Islam hinga Mekkah. Oleh karena ilmu agamanya yang mumpuni, beliau sangat disegani masyarakat Silungkang. Bahkan ada ikan bernama Barau, untuk menghormati Syekh Barau.Karena ada yang berpendapat supaya jangan kualat, masyarakat nama menganti nama ikan itu nama ikan tobang. Syekh Barau disebutkan meninggal hari Sabtu, 29 Zulhijjah 1288 H.
Syekh Barau dimakamkan dalam komplek pemakan dekat Mesjid Raya Silungkang. Disana terdapat beberapa makam yang salah satunya adalah makam Syekh Barau. Makam ini terletak di samping mesjid yang dibangun oleh Syekh Barau. Mesjid tersebut telah mengalami renovasi sekitar tahun 1990-an

Kompleks makam ini terbagi menjadi dua bagian yang dipasahkan oleh dinding pembatas setinggi 120 CM. Pada bagian kiri makam terdapat 3 buah makam, sedangkan pada bagian kanan makam terdapat 5 buah makam dan salah satunya mempunyai ukuran paling besar. Makam yang mempunyai ukuran besar ini merupakan makam Syekh Barau. Makam ini dipasang pagar dari kayu dan ditutupi kelambu atau kain kasa. Komplek makam ini mempunyai ukuran 14 x 5,8 Meter yang dikelilingi pagar beton setinggi 2 Meter. Sedangkan atap banguan terbuat dari seng. Bangunan ini telah mengalami renovasi dengan merubah struktur atap dan pintu masuk kedalam makam.