BENTENG SUNGAI BULUH

No. Regnas CB CB.1905
SK Penetapan
No SK : 188.45/282.A/2.16.1.1/2019
Tanggal SK : 17 Juni 2019
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kabupaten
Jenis Cagar Budaya Struktur
Nama Cagar Budaya BENTENG SUNGAI BULUH
Keberadaan Provinsi : Kepulauan Bangka Belitung
Kabupaten / Kota : Kabupaten Bangka Barat

Benteng sungai buluh didirikan di pangkal sungai buluh, saat ini berada diwilayah kecamatan jebus, sekitar tahun 1770an.

Struktur Benteng Sungai Buluh terletak di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, merupakan struktur berdinding yang menyatu dengan alam berupa gundukan tanah berlapiskan rumput hijau yang berbentuk L dengan luasan 5.800 m2. Gundukan yang mengarah dari Timur ke Barat memiliki panjang 63,56 meter dan gundukan yang mengarah dari Utara ke Selatan memiliki panjang 21,10 meter. Berikut ini akan dijelaskan mengenai gundukan dari arah Timur ke Barat, yang dimanaterdapat 4 buah gundukan tanah, di antaranya:
1. Gundukan kesatu memiliki panjang 15,94 meter, lebar 5,1 meter, dan tinggi 0.89 meter dari permukaan tanah. Di antara gundukan kesatu dengan gundukan kedua itu memiliki patahan dengan panjang 1,25 meter dan tinggi 0,35 meter dari permukaan tanah, yang dimana lebih rendah dari gundukan kesatu dan kedua.
2. Gundukan kedua memiliki panjang 21,77 meter, lebar 6,47 meter, dan tinggi 1,6 meter dari permukaan tanah. Di antara gundukan kedua dengan gundukan ketiga itu memiliki patahan dengan panjang 2,50 meter dan tinggi 95 cm dari permukaan tanah, yang dimana lebih rendah dari gundukan kedua dan ketiga.
3. Gundukan ketiga memiliki panjang 9,2 meter, lebar 7,1 meter, dan tinggi 1,47 dari permukaan tanah. Di antara gundukan ketiga dengan gundukan keempat itu memiliki patahan dengan panjang 1 meter dan tinggi 75 cm dari permukaan tanah, yang dimana lebih rendah dari gundukan ketiga dan keempat.
4. Gundukan keempat memiliki panjang 12,56 meter, lebar 5,95 meter, dan tinggi 1,73 meter dri permukaan tanah.
Keempat gundukan itu menyatu menjadi satu kesatuan, namun patahan-patahan yang dimaksud di atas ialah sebuah tanah yang lebih rendah dari keempat gundukan itu. Selanjutnya terdapat 1 gundukan dari arah Utara ke Selatan, tetapi di antara gundukan keempat dengan 1 gundukan ini memiliki patahan juga atau pemisah seperti gerbang masuk ke dalam benteng yang di antaranya memiliki jarak 2,10 meter. Gundukan dari arah Utara ke Selatan memiliki panjang 21,10 meter dengan lebar di bagian ujung Selatan 5,30 meter dan lebar di bagian ujung Utara 4,6 meter. Ketinggian gundukan di bagian ujung Selatan mencapai 1,50 meter dari permukaan tanah, sementara ketinggian di bagian tengah/bagian tertinggi mencapai 2,15 meter dan tinggi pada bagian Utara 1,25 meter dari permukaan tanah. Di sisi Barat gundukan ini memiliki parit terbuat dari tanah yang sama panjangnya dengan gundukan tersebut, namun memiliki lebar 1,60 meter.
Saat ini kondisi Struktur Benteng Sungai Buluh terawat dengan baik, yang dimana masih tersisa dinding berupa gundukan tanah beserta rumput hijau dan serpihan-serpihan keramik pada era periode Cina, sementaradi area Benteng Sungai Buluh tersebut terdapat banyak tanaman pohon karet. Di sebelah Timur berbatasan dengan hutan, di sebalah Barat berbatasan dengan hutan, di sebelah Utara berbatasan dengan hutan, dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Sungai/tempat pemandian warga sekitar.Jika di lihat, bahwa Struktur tanah pada Benteng Sungai Buluh ini semakin hari semakin menurun.