Situs PLTU Salak

No. Regnas CB CB.1750
SK Penetapan
No SK : 84 Tahun 2007
Tanggal SK : 30 Maret 2007
Tingkat SK : Bupati
Peringkat Cagar Budaya Kota
Jenis Cagar Budaya Situs
Nama Cagar Budaya Situs PLTU Salak
Keberadaan Provinsi : Sumatera Barat
Kabupaten / Kota : Kota Sawahlunto

Setelah kebutuhan listrik di Elektrische Centrale Sawahlunto tidak lagi mendukung untuk industri dan pemukiman. Perusahaan membangun pembangkit listrik baru di daerah Salak pada tahun 1924, terletak di tepi bagian utara wilayah pertambangan. Elektrische Centrale Salak ukurannya lebih besar dari pembangkit listrik sebelumnya untuk menghasilkan lebih banyak listrik (12 Mw, 6 kali lipat Elektrische Centrale Sawahlunto). Bangunan ini terletak di sebelah sungai Ombilin dan memiliki tiga bangunan utama, terdiri dari tiga tingkat dengan tiga cerobong asap pada baris di tengah serambi atapnya. (Sumber, Laporan Akhir Pertambangan dan Pengangkutan Batubara Ombilin Sawahlunto Pada masa kolonial). PLTU ini beroperasi hingga tahun 1968 setelah PLTU baru (bangunan dan teknologinya baru, tapi masih di area yang sama).

Komplek bangunan PLTU Salak ini terbagi menjadi 2 bagian, pertama bangunan pembangkit listrik dan kedua adalah bangunanrumah pompa air. Bangunan pembangkit listrik terdari empat buah bangunan yang saling terhubung. Bangunan ini memiliki variasi pada bagian interior, ada yang berlantai dua dan ada juga yang berlantai tiga.
Saat ini bangunan ini hanya menyisakan puing dinding beton bangunan, atap pintu dan jendela bangunan sudah tidak ada lagi. Sedangkan bangunan rumah pompa tidak mengalami perubahan dan masih memperlihatkan keaslian bangunannya.