Balaikota Bogor

  • Balaikota Bogor

NO REGNAS RNCB.20070326.02.000713
SK Penetapan

SK Menteri NoPM.26/PW.007/MKP/2007

Peringkat Cagar Budaya
Kategori Cagar Budaya Bangunan
Kabupaten/Kota Kota Bogor
Provinsi Jawa Barat
Nama Pemilik Pemerintah Kota Bogor
Nama Pengelola

Awalnya, bangunan gedung ini bernama Societeit yang dibangun pada tahun 1868. Societeit merupakan tempat bagi orang-orang Belanda pada zaman dulu untuk mencari hiburan guna menghilangkan kepenatan setelah menghabiskan hari-harinya untuk bekerja. Tidak sembarangan orang bisa memasuki bangunan ini kala itu, hanya para Meneer (tuan) dan Mevrouw (nyonya) besar bangsa Belanda dan Eropa yang seakan bisa bergembira ria menikmati kehidupan malam. Tempatnya biasanya megah di mana di dalamnya terdapat bar, ruang bilyar, panggung maupun lantai dansa.
Setelah itu, bangunan gedung ini digunakan sebagai Kantor Gemeente Buitenzorg seiring dibentuknya Staadsgemeente di Buitenzorg (nama lampau Bogor) berdasarkan Staatsblad 1905 Nomor 208 jo. Staatsblad 1926 Nomor 368. Lalu, pada masa pendudukan Jepang, Staads Gemeente menjadi Si namun kedudukannya menjadi lemah karena pemerintahan dipusatkan pada tingkat karesidenan yang berkedudukan di Kota Bogor.
Usai pengakuan kedaulatan Republik Indonesia (RI), pemerintahan di Kota Bogor namanya menjadi Kota Besar Bogor yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 1950. Pemerintahannya ketika itu setaraf dengan Walikota sebagai Kepala Pemerintahan di Kota Bogor.
Dahulu Balaikota digunakan sebagai markas Korem Surya Kencana. Pada tahun 1975, terjadi ruislagh Korem Surya Kencana pindah ke jalan Merdeka dan bangunannya sekarang digunakan sebagai pusat pemerintahan kota Bogor.