OBJEK BARU TERDAFTAR

Informasi

Objek ini baru saja terdaftar pada sistem dan masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah termasuk cagar budaya atau tidak.

  • Rumah limas H. Braksan/REG/SML 01/OKI/KAG /01/2018

Rumah limas H. Braksan/REG/SML 01/OKI/KAG /01/2018

  • Tanggal Daftar : 11 September 2019
  • Kategori : Bangunan
  • Kabupaten/Kota : Kabupaten Ogan Komering Ilir
  • Provinsi : Sumatera Selatan
  • Nama Pemilik : Lisa Mora Braksan, Sos, Indri Ramadhani S. ST Keturunan ke 17
  • Nama Pengelola : Lisa Mora Braksan
  • Status Objek : Dalam Proses Verifikasi Dinas Daerah

Terletak di tepi jalan di tepian Sungai Komering, tepatnya di sebelah barat Sungai Komering sisi selatan jembatan Komering. Rumah ini menghadap ke timur berorientasi ke Sungai Komering. Rumah berbentuk panggung ini terbuat dari kayu yang ditopang oleh tiang-tiang cor beton sebangai pengganti tiang balok kayu yang telah rusak. Tinggi tiang penyangga bangunan bagian teras ± 120 cm, sedangkan tiang penyangga bangunan utama ± 130 cm. Kayu yang digunakan sebagai bahan utama bangunan rumah ini adalah kayu medang dan kayu unglen.
Bagian depan rumah memiliki teras yang memanjang dan untuk memasukinya terdapat sebuah tangga. Tangga naik tersebut sekarang terbuat dari semen karena tangga asli yang terbuat dari kayu telah rusak. Bentuk tangga terdiri dari dua bagian, bagian pertama terdiri dari 4 buah anak tangga tepat di tengah, kemudian bagian kedua terdiri dari 2 buah tangga yang menuju ke kanan dan ke kiri (terdapat dua tangga) teras. Teras rumah memiliki pagar langkan luar dan pagar langkan dalam yang terbuat dari kayu berukir terawangan. Pagar langkan luar ditopang oleh tiang kayu berbentuk segidelapan yang mengecil pada bagian atas, namun kembali mencembung pada bagian puncaknya. Sedangkan pagar langkan dalam ditopang oleh tiang kayu berbentuk balok berukuran 10 cm x 10 cm. Lantai rumah secara keseluruhan terbuat dari susunan papan kayu. Demikian juga dinding bangunan terbuat dari papan kayu yang tersusun secara vertikal. Dinding bagian depan (sisi timur) terdiri dari bidang-bidang kayu yang jika diperlukan dapat dibuka ke atas dengan mengaitkannya pada pengait yang terdapat di blandar atap teras. Sehingga pada bagian ini tidak terdapat jendela. Pintu masuk rumah berada di sisi utara dan hanya terdiri dari 1 buah daun pintu. Jendela hanya terdapat di ketiga sisi dinding yaitu sisi utara, selatan (belakang). Setiap jendela memiliki daun jendela ganda yang masing-masing terdiri dari 2 buah daun jendela/berbentuk kupu tarung yang keduanya dapat dibuka penuh ke arah berlawanan (french window). Daun jendela bagian dalam terbuat dari kisi-kisi kaca dengan bukaan ke arah dalam. Sedangkan daun jendela bagian luar terbuat dari kayu berpanel dengan bukaan ke arah luar. Plafonnya terbuat dari susunan papan kayu. Atap bangunan terbuat dari genteng berbentuk atap limas, pada wuwungan atau bagian atas atap terdapat hiasan.