OBJEK BARU TERDAFTAR

Informasi

Objek ini baru saja terdaftar pada sistem dan masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah termasuk cagar budaya atau tidak.

  • Makam Syech Ibrahim dan Istri

  • Bagunan Pelindung Makam Syech Ibrahim

Makam Syech Ibrahim

  • Tanggal Daftar : 08 Februari 2020
  • Kategori : Struktur
  • Kabupaten/Kota : Kabupaten Sijunjung
  • Provinsi : Sumatera Barat
  • Nama Pemilik : Kaum Syech Ibrahim
  • Nama Pengelola : Arasinur
  • Status Objek : Lolos Verifikasi, dalam Tahap Kajian dan Penilaian Tim Ahli

Makam Syech Ibrahim terletak di perbukitan dengan ketinggian sekitar 3 meter dan terdapat tanah lapang dengan luas sekitar 700 m². Bukit tersebut mempunyai pondasi batu-batu alam yang disusun mengitari bukit dengan undak berjumlah tiga. Pada daerah lapang ditemukan beberapa buah nisan kecil yang terkonsentrasi pada bagian tengah. Jumlah yang pasti tidak diketahui, karena beberapa nisan yang berpasangan telah hilang dan posisinya tidak beraturan. Di sisi utara terdapat dua buah makam yang berdampingan, yang telah diberi pembatas spesi/pondasi semen setinggi sekitar 10 cm dengan lebar 4 m dan panjang 5,5, m, serta tebal 30 cm. Pada areal lokasi terdapat dua buah makam yang berorientasi utara-selatan dengan panjang 190 cm. Kompleks makam dilengkapi dengan gapura berbentuk batu monolit berpasangan membujur utara-selatan berjarak 95 cm. Gapura batu berada di sisi timur dengan tinggi 65 cm, yang menunjukkan bahwa pintu masuk makam secara simbolis berada di sebelah timur.
Kedua buah makam diatas merupakan makam Syech Ibrahim beserta istrinya. Makam syech Ibrahim berada di sisi timur, sedangkan makam istrinya berada di samping baratnya. Kedua makam mempunyai nisan dari batu kali tanpa pengerjaan, dengan bentuk lonjong tidak beraturan. Makam Syech Ibrahim mempunyai nisan dengan tinggi 57 cm di sisi utara, dan 50 cm di sisi selatan. Nisan tersebut berbentuk agak persegi dengan ketebalan sekitar 19 cm. sedangkan nisan istrinya berjarak 80 cm dari nisan Syech Ibrahim dengan bentuk pipih. Tinggi nisan sisi utara 68 cm dan sisi selatan 43 cm dengan bentuk agak persegi membulat. Keseluruhan nisan mempunyai bentuk meruncing pada sisi atasnya, yang sepintas mirip dengan bentuk-bentuk menhir. Pada kompleks makam banyak ditemukan batu-batu kali yang berserakan disekeliling makam.
Pada lokasi makam terdapat sebuah bangunan kayu atau cungkup kecil yang berada di sisi selatan makam berjarak sekitar 7 m. cungkup tersebut merupakan bangunan baru yang dibuat oleh pihak Tim Ahli Istana untuk melindungi sebuah batu prasasti (?). Batu prasasti (?) berbentuk agak bulat dengan permukaan yang relative datar. Tinggi batu yang berupa batu kali tanpa pengerjaan itu sekitar 60 cm dengan diameter sekitar 1,5 m. Saat ini batu prasasti(?) telah diberi semen pada dasarnya untuk menguatkan posisi berdiri batu tersebut.
Batu kali yang diduga sebagai prasasti dengan huruf Pallawa berjumlah 5 baris ternyata sewaktu dilihat tidak menunjukkan adanya tulisan ataupun goresan-goresan yang member indikasi adanya tulisan. Sepintas lalu saja, orang yakin bahwa batu tersebut bukan prasasti, apalagi didukung dengan bentuk batu yang alamiah, lazimnya batu kali biasa.