OBJEK BARU TERDAFTAR

Informasi

Objek ini baru saja terdaftar pada sistem dan masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah termasuk cagar budaya atau tidak.

TUK BIMO LUKAR

  • Tanggal Daftar : 15 September 2020
  • Kategori : Situs
  • Kabupaten/Kota : Kabupaten Wonosobo
  • Provinsi : Jawa Tengah
  • Nama Pemilik : BPCB Jateng
  • Nama Pengelola : BPCB Jateng dan Pemkab. Wonosobo
  • Status Objek : Dalam Proses Verifikasi Dinas Daerah

Sendang Tuk Bimo Lukar berbentuk talud yang memiliki luas ...........m 2 berada di cekungan atau depresiasi lembah kaki pegunungan Prahu dengan ketinggian 2.070 mdpl. Tuk Bimo Lukar merupakan salah satu sumber air tawar yang paling dekat dengan komplek percandian Dieng serta struktur talud kuna yang lebih dikenal sebagai Watu Kelir. Aksesibilitas menuju sendang sangat mudah karena terletak berdekatan dengan jalan raya penghubung kota Wonosobo dengan Dieng. Sendang Tuk Bimo Lukar disusun dari batu andesit berukuran permukaan rata-rata 60x15 cm berbentuk balok . Pada bagian atas sendang, dihiasi dengan 2 (dua) unit jaladwara yang merupakan bentuk ujung talang pancuran air. Profil jaladwara merupakan salah satu ragam ikon bentuk kebudayaan masa klasik berupa perwujudan bentuk hewan air dalam mitologi agama Hindu. Selain struktur sendang, pada area ini terdapat beberapa fragmen ǻndhǻ budhǻ atau anakan tangga yang dipahat pada batu utuh (monolith), fragmen antefik dan batu bertakik.
Pada tahun 2017-2018 dilakukan pemugaran oleh Pemkab Wonosobo, berupa rehabilitasi sendang, pembangunan taman dan penambahan fasilitas publik lainnya. Pada proses pemugaran tersebut, ditemukan sebuah arca ganesha dengan kondisi bagian belalai rusak karena terkena ekskavator, yang ditemukan di daerah aliran sungai Serayu atau 5 (lima) meter dari sendang. Selain itu ditemukan juga berbagai fragmen batu kulit (outerstone) yang diduga berasal dari bangunan masa klasik.
Beberapa penambahan bangunan dan fasilitas pendukung lainnya di area Sendang Tuk Bimo Lukar, diantaranya:
a. Pelapisan struktur talud Sendang Tuk Bimo Lukar dan tembok kelilingnya dengan menggunakan material batu lapis.
b. Senderan sungai Serayu sepanjang ...........m
c. 1 (satu) unit bangunan gazebo taman di sebelah timur.
d. Area parkir di bahu jalan Wonosobo-Dieng dengan penempatan tiang pancang pondasi berada di atas area taman.
e. Jogging track yang dibangun di sisi dalam taman.
f. Sebuah gazebo terbuka (amphitheater) menyatu dengan area parkir.
g. Jalur pedistrian pada sisi utara (atas sendang) yang menghubungkan area parkir (bawah) dengan taman sebelah barat (atas).
h. ........... unit lampu taman.
Kondisi pola tata ruang Sendang Tuk Bimo Lukar secara umum masih sama dengan perbandingan kondisi serupa pada masa kolonial. Perubahan hanya dilakukan dengan cara penambahan sarana dan prasarana publik yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.